NGERI! INILAH PENDARATAN PESAWAT PALING EKSTRIM DI DUNIA
Apakah anda pernah berada di pesawat saat badai atau ketika salah satu mesin pesawat berhenti, tentunya itu adalah hal yang mengerikan dan semoga kita tidak pernah mengalaminya, namun jika hal seperti itu terjadi saat di pesawat, maka sang pilot harus melakukan upaya dan menunjukkan kemampuannya untuk menyeimbangkan dan mendaratkan pesawat agar seluruh penumpang selamat, berikut ini beberapa pendaratan pesawat paling ekstrim di dunia yang berhasil dengan selamat.
1 MENDARAT DI SUNGAI HUDSON
Terkadang burung burung di udara juga dapat menyebabkan kecelakaan pesawat walaupun hal itu sangat jarang terjadi, seperti yang dirasakan oleh para penumpang penerbangan New York Seattle saat megalami pendaratan darurat di Sungai Hudson, setelah Airbus A320 yang mereka tumpangi ditabrak oleh sekelompok burung satu menit setelah pesawat lepas landas, melihat api yang keluar dari mesin dimana burung masuk kedalamnya yang dapat meyebabkan mesin meledak, pilot pesawat langsung memberitahu pengawas lalu lintas udara dan mengeluarkan sinyal alarm, tetapi dalam hitungan detik dia menyadari bahwa dia tidak bisa mempertahankan pesawat di udara atau terbang kembali ke landasan pacu, meskipun sangat berisiko satu satunya pilihan untuk menyelamatkan awak dan 150 penumpang adalah mendarat di Sungai Hudson dan diapun melakukan manuver profesional yang luar biasa, akhirnya para penumpang selamat walaupun dalam ketakutan mereka keluar melalui sayap pesawat yang terapung dan menunggu tim penyelamat untuk menjemput mereka.
2 PESAWAT TANPA ATAP
Kejadian ekstrim ini dialami oleh para penumpang Boeing 737, mereka harus turun dari ketinggian 7.300 meter di pesawat tanpa atap dengan angin berkecepatan 330 mil perjam menerpa wajah mereka, itu adalah penerbangan pendek antara kota Hilo Hawaii dan Hanalulu yang memakan waktu sekitar 35 menit, namun 23 menit setelah pesawat mencapai ketinggian, terjadi dekompresi yang sangat kuat dan akibatnya atap pesawat di 6 baris pertama dan pintu pilot terlepas di udara, yang menyebabkan penumpang terbang di langit terbuka pada suhu 45 derajat di bawah nol, untungnya mereka tidak ada yang melepaskan sabuk pengaman mereka, kapten pesawatpun mulai melakukan penurunan ekstrim ke ketinggian 3.000 meter dengan kecepatan lebih dari 310 mil per jam, dan dalam 11 menit dia berhasil mendaratkan pesawat dengan semua kru dan penumpang selamat.
3 MENDARAT DI PANTAI
Patai Maho di pulau San Martin ini letaknya sangat dekat dengan bandara inernasional Princess Juliana, dan bandara ini memiliki landasan pacu lepas landas yang sangat pendek yaitu 2.180 meter, sehingga pesawat harus lepas landas dan mendarat dengan ketinggian yang sangat rendah, kadang pesawat hanya berada diketinggian 10 meter dari atas pantai, para wisatawan yang berada di pantai ini dapat melihat dengan jelas pesawat terbang hanya beberapa meter di atas kepala mereka, tentu saja pihak otoritas setempat akan selalu memperingatkan para pengunjung pantai saat pesawat lepas landas ataupun mendarat di bandara ini, namun untungnya selama ini baik lepas landas maupun mendarat di bandara ini tidak pernah mengalami masalah, dan para pengunjung pantai sudah terbiasa dengan pemandangan bahkan mereka sempat berfoto ataupun merekam video.
4 PESAWAT TANPA HIDUNG
Kisah ini terjadi pada 27 Juli 2017, seorang Pilot Ukraina Alexander Akopov mendaratkan pesawat maskapai Turki di Bandara Ataturk Istanbul dengan cara yang luar biasa, pesawat dengan awak Ukraina ini berangkat dari Istanbul ke Siprus pada ketinggian 4.000 kaki, tiba tiba terjadi hujan es yang memecahkan bagian depan pesawat dan jendela kokpit, pilot pun memutuskan untuk kembali mendaratkan pesawat yang terdapat 121 penumpang dan 6 anggota awak di dalam pesawat ini, sambil megeluarkan kepalanya dari jendela sang pilot berusaha mendaratkan pesawat dengan keahlian dan keberaniannya, dia akhirnya berhasil mendaratkan pesawat di bandara dengan seluruh penumpang selamat dan sang pilot disambut oleh beberapa pilot lain untuk berjabat tangan sebagai ucapan selamat kepada pilot pemberani ini.
5 PILOT DI BADAN PESAWAT
Pada tahun 1990 Tim Lancaster seorang pilot dengan lebih dari 11.000 jam pengalaman menerbangkan pesawat dari Inggris ke Spanyol, pukul 7.20 pesawat meninggalkan Bandara Birmingham dan dalam 13 menit pesawat mencapai ketinggian 16.400 kaki, kapten dengan tenang melonggarkan sabuk pengamannya tetapi tiba tiba ada tabrakan dan kaca depan lepas dan terlempar di udara, begitu juga kapten pesawat ikut terlempar dan untungnya kakinya tersangkut didalam kokpit sementara tubuhnya menempel di badan pesawat karena tekanan angin, anggota kru memegang kapten dengan kedua tangannya agar tidak melepaskan kapten, lalu kopilot segera menurunkan pesawat dan mengeluarkan sinyal agar mereka dapat terbang ke bandara terdekat sehingga mereka bisa mendaratkan pesawat. Sang Pilot mengalami beberapa patah tulang di lengannya namun masih hidup dan 5 bulan kemudian dia kembali ke udara, setelah diselidiki ternyata lepasnya jendela pesawat di karenakan human error dari mekanik pesawat yang salah memasang baut pada kaca, untung saja para penumpang semuanya selamat dan apa yang di alami oleh pilot bahkan para pemeran ganda ekstrim pun tidak berani melakukannya.
6 KABUT ASAP
Boeing 747 ini sedang melakukan penerbangan panjang dari London ke Auckland Selandia Baru dengan beberapa perhentian di India Malaysia dan Australia, tetapi beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara Kuala Lumpur sesuatu yang menyeramkan terjadi, tiba tiba bagian dalam pesawat dipenuhi dengan asap dan jendela pilot ditutupi dengan percikan api berkilau. Fenomena ini dikenal di kalangan pilot sebagai San Telmo Fire dan dapat dilihat di sayap selama badai, tetapi kali ini tidak ada badai yang terlihat dan setelah itu muncul cahaya putih terang di seluruh pesawat dan penumpang melihat api keluar dari ke 4 mesin, semua orang ngeri karena semua mesin telah berhenti, kopilot dan kru mencoba untuk me restart mesin tetapi mereka tidak berhasil, banyak yang sudah pasrah menunggu kematian, tetapi keajaiban terjadi pada ketinggian 13.500 salah satu mesin tiba tiba hidup dan kemudian disusul 3 mesin lainnya, pesawat berhasil mencapai Bandara Jakarta dan mendaratkan 248 penumpang serta 15 anggota awak, ternyata ada gunung berapi yang baru saja meledak dan awan abu vulkanik yang menpengaruhi pesawat dan menyebabkan insiden itu.
7 GIMLI GLIDER
Gimli Glider adalah nama dari Canada Air Boeing 767 yang pernah melakukan pendaratan pesawat dengan mesin tidak berfungsi, namun mampu turun dari ketinggian 40.000 kaki dan mendarat di pangkalan Gimli, ini sudah cukup luar biasa tetapi situasinya bahkan lebih rumit karena kurangnya daya dan hampir semua lampu dimatikan, selain tekanan dalam sistem hidrolik begitu rendah sehingga pilot hampir tidak bisa menggerakkan roda kemudi, tetapi kru melakukan yang terbaik dan tidak ada yang terluka, alasan di balik insiden itu adalah kesalahan oleh pekerja Bandara Ottawa yang salah perhitungan saat mengisi bahan bakar.
8 SUATU TEMPAT DI SIBERIA
Pada 7 September 2010 sebuah pesawat TU 154 B dari perusahaan Rusia Alrosa mendarat jauh di kedalaman hutan siberia saat terbang dari Yakutia ke Moskow, setelah 3 1/2 jam bepergian terjadi kegagalan daya total di pesawat sehingga sebagian besar instrumen dimatikan, bahkan pompa bahan bakar berhenti dan menjadi tidak mungkin untuk mengontrol sayap secara mekanis, namun tangki pesawat tambahan memiliki bahan bakar yang cukup selama 30 menit untuk menurunkan pesawat ke ketinggian 1000 kaki, pilot mulai mencari tempat yang ideal untuk mendaratkan pesawat besar seberat 80 ton ini dan mereka menemukan landasan semen yang dikenal sebagai Ich Ma, meskipun landasan cukup kecil tetapi pilot berhasil mendaratkan pesawat sayangnya pesawat tak terkendali dan gagal mengerem sehingga menabrak pohon, beruntung semua penumpang selamat dan dari 72 penumpang dan awak hanya 9 yang mengalami luka.
9 CHASSIS YANG RUSAK
Bagaimana reaksi anda jika seseorang mengatakan kepada anda bahwa pesawat yang anda tumpangi memiliki sasis yang rusak dan tidak bisa terbuka, tentu kita akan sangat ketakutan selama pendaratan dan itulah yang dirasakan oleh 116 penumpang dan 5 anggota kru penerbangan komersial ini, karena alasan yang tidak diketahui bagian depan sasis tidak terbuka sepenuhnya dan pilot harus membuat keputusan untuk mendarat tanpa roda depan, pesawat mendarat dengan hidungnya melewati jalur pendaratan sepanjang seratus kaki, tetapi untungnya tiada kerusakan besar dan tidak ada penumpang atau anggota kru yang terluka, dan pilotpun layak mendapat tepuk tangan dan selamat atas manuver ini.
10 MENDARAT SAAT BADAI
Pendaratan saat badai adalah salah satu situasi yang paling tidak menyenangkan untuk sebuah pesawat komersial, sayangnya pesawat yang terbang ke Hamburg ini harus mengalaminya, pada awalnya semua tampak terkendali, tetapi badai Emma dengan kecepatan hingga 75 mil per jam menyebabkan pesawat keluar dari jalurnya sehingga meskipun kesulitan pilot bertekad untuk mendaratkan pesawatnya, namun ketika pesawat menabrak tanah, angin kencang memiringkan pesawat dan pada kecepatan 150 mil per jam sayap kiri menghantam landasan pacu, untungnya pilot mampu untuk menyelaraskan pesawat tetapi pesawat tidak mau berhenti dan akan harus lepas landas lagi dan akhirnya sebuah tragedi dihindari, setelah terbang beberapa saat di sekitar bandara pesawat berhasil mendarat dengan sukses meskipun terdapat kerusakan parah pada sayapnya.
NGERI! INILAH PENDARATAN PESAWAT PALING EKSTRIM DI DUNIA
Reviewed by
BeNk's
on
22:00
Rating:
Post a Comment